Kondisi Ekonomi Texas Meningkat Saat Tekanan Harga Meningkat

thetexaseconomy – Kondisi ekonomi di Texas telah membaik, dengan Texas Business Outlook Surveys di bulan Februari menunjukkan peningkatan pertumbuhan setelah melambat di bulan Januari. Selain itu, mobilitas dan keterlibatan staf dan Texas telah melampaui tingkat yang dicapai sebelum pembekuan pertengahan Februari dan keruntuhan jaringan listrik yang melanda sebagian besar negara bagian.Sementara itu, tekanan harga terus meningkat di sektor manufaktur dan ritel, sebagian karena gangguan rantai pasokan.

Kondisi Ekonomi Texas Meningkat Saat Tekanan Harga Meningkat

Kondisi Ekonomi Texas Meningkat Saat Tekanan Harga Meningkat

Aktivitas Ekonomi Texas Baru-baru ini

Kondisi Ekonomi Texas Meningkat Saat Tekanan Harga Meningkat – Survei Outlook Bisnis Texas untuk Februari menunjukkan peningkatan dalam ekspansi output. Sektor manufaktur Texas merebut kembali jalur pertumbuhan solid yang ditunjukkan selama paruh kedua tahun 2020, karena indeks produksi manufaktur melonjak menjadi 19,9 dari 4,6. Indeks dihitung dengan mengurangkan persentase responden yang melaporkan penurunan aktivitas dari persentase yang melaporkan peningkatan, dengan angka di atas 0 menunjukkan ekspansi.Pertumbuhan pendapatan sektor jasa kembali tetapi tetap tidak terdengar, dengan indeks naik tipis dari 0,8 menjadi 2,6, angka yang jauh di bawah rata-rata. Aktivitas ritel masih tertekan, dengan indeks penjualan bertahan mendekati nol (Grafik 1). Prospek bisnis membaik, terutama di kalangan produsen.

Dampak Terbatas dari Texas Deep Freeze, Grid Runtuh
Sejauh mana ada gangguan ekonomi jangka panjang dari pembekuan dan keruntuhan jaringan tergantung pada seberapa banyak aktivitas terganggu dan untuk berapa lama. Sementara aktivitas turun tajam pada minggu badai di bulan Februari, badai itu bangkit kembali pada minggu berikutnya. Dengan demikian, dampak negatif terhadap pekerjaan dan aktivitas bisnis tampaknya sebagian besar bersifat sementara.

Rebound terbukti dalam data kepegawaian mingguan dan mobilitas dan keterlibatan Texas, yang melampaui tingkat sebelum badai di bulan Maret (Grafik 2). Secara bersamaan, dampak COVID-19 berkurang karena tingkat rawat inap pada pertengahan Maret turun hampir 70 persen dari tingkat tinggi pada pertengahan Januari.Indikator frekuensi tinggi dan titik data terbaru lainnya juga menyarankan perbaikan kondisi ekonomi di Texas:
a. Jam kerja di usaha kecil naik ke level tertinggi sejak akhir Desember.
b. Makan di luar meningkat ke level tertinggi sejak pertengahan Maret 2020.
c. Harga minyak naik dan mencapai level yang tidak terlihat sejak pertengahan 2019.
d. Jumlah rig Texas terus meningkat, melanjutkan tren yang dimulai pada musim gugur 2020.

Meskipun peristiwa cuaca musim dingin membebani pekerjaan di bulan Februari, pemulihan dan rekonstruksi akan mendorong pertumbuhan selama beberapa bulan ke depan. Perkiraan mingguan terbaru dari pekerjaan Texas menunjukkan bahwa pekerjaan naik untuk minggu kedua berturut-turut setelah menurun di minggu badai musim dingin Februari. Keuntungan pekerjaan yang lebih tinggi dari perkiraan diantisipasi pada bulan Maret dan April, dan perkiraan pekerjaan Texas 2021 kami tetap tidak berubah pada 6,5 ??persen.

Pekerjaan Januari tumbuh pada tingkat tahunan 3,8 persen, yang kuat tetapi di bawah tingkat revisi turun 6,2 persen pada bulan Desember. Pekerjaan Januari di seluruh metro utama Texas beragam. Ini meningkat 5,5 persen di Austin dan 3,3 persen di Dallas tetapi turun 4,1 persen di San Antonio, 3,2 persen di Fort Worth dan 1,9 persen di Houston.Sementara itu, pasar perumahan Texas tetap kuat, dengan penjualan rumah dan izin bangunan pada tingkat yang sangat tinggi. Apresiasi harga rumah telah meningkat, dan jalur pembangunan rumah tetap penuh di tengah permintaan yang kuat.

Baca Juga : Matinya Industri Mall atau Death of Retail Yang Ada Di Texas Amerika Serikat

Tekanan Harga Persisten Dilaporkan
Tekanan harga terus meningkat di bidang manufaktur, menurut Survei Outlook Bisnis Texas. Indeks harga bahan baku Texas Manufacturing Outlook Survey naik tipis ke level tertinggi 10 tahun di tengah laporan luas tentang gangguan rantai pasokan yang menaikkan biaya input. Pengecer juga mengalami tekanan harga yang signifikan, karena indeks harga jual Texas Retail Outlook Survey mencapai titik tertinggi sepanjang masa sejak survei dimulai pada tahun 2007.

Menanggapi pertanyaan khusus Texas Business Outlook Surveys, 36 persen responden mengatakan mereka mengalami gangguan rantai pasokan. Di antara mereka, 71 persen mengatakan gangguan tersebut meningkatkan biaya operasional, tetapi hanya 44 persen yang melaporkan bahwa mereka dapat meneruskan sebagian dari biaya yang lebih tinggi tersebut kepada konsumen.Produsen adalah yang paling terpengaruh, dengan 80 persen mengatakan gangguan rantai pasokan telah meningkatkan biaya operasi dan hanya 47 persen yang melaporkan bahwa mereka dapat menaikkan harga. Di antara 62 persen pengecer yang mengatakan gangguan rantai pasokan meningkatkan biaya operasi mereka, 81 persen mengatakan mereka menaikkan harga.

Kegiatan ekonomi secara keseluruhan membaik karena ekonomi Texas berkembang untuk kuartal ketiga berturut-turut. Pertumbuhan lapangan kerja dipercepat di bulan Mei karena tekanan upah meningkat. Kenaikan upah baru-baru ini ditambah dengan peningkatan signifikan dalam penerimaan transfer pemerintah menyebabkan pendapatan per kapita riil melonjak di 1Q2021. Meskipun tantangan dalam perekrutan, pengangguran dan klaim pengangguran menurun karena Gubernur Greg Abbott mengumumkan Texas akan memilih keluar dari tunjangan pengangguran federal lebih lanjut terkait dengan pandemi COVID-19 efektif 26 Juni 2021. Ketika ekonomi memanas dan harga minyak naik, inflasi meningkat di tengah gangguan rantai pasokan lebih lanjut. Penahanan pandemi sangat penting karena gelombang infeksi tambahan, terutama dari varian Delta, dapat membebani perilaku konsumen dan memperlambat kembalinya kondisi pra-pandemi.

Data kuartal pertama 2021 yang baru dirilis mengungkapkan produk domestik bruto (PDB) nyata Texas meningkat 4,3 persen pada tingkat tahunan yang disesuaikan secara musiman (SAAR), menandai perlambatan kuartal kedua berturut-turut. Lone Star State mencatat pertumbuhan paling lambat di negara ini karena efek dasar karena banyak negara bagian lain baru saja membuka kembali dan melonggarkan pembatasan bisnis. Manufaktur barang tahan lama, layanan profesional/ilmiah/teknis, dan layanan administrasi dan dukungan/pengelolaan limbah dan remediasi adalah kontributor terbesar untuk peningkatan triwulanan Texas, mengimbangi kontraksi di manufaktur barang tidak tahan lama dan sektor terkait energi.

Ekonomi Texas terus pulih pada Mei menurut Indeks Siklus Bisnis Texas Fed Dallas, yang mempercepat SAAR 8,2 persen di tengah perekrutan yang stabil. Mirip dengan tren di seluruh negara bagian, metrik Dallas dan Houston masing-masing naik 9,8 dan 9,9 persen, karena perbaikan pasar tenaga kerja. Aktivitas ekonomi mempertahankan pertumbuhan 10,4 persen di Austin, sementara indeks Fort Worth meningkat pada tingkat terbesar tahun ini di 5,9 persen. Indeks lokal San Antonio melambat karena kontraksi gaji bulanan tetapi masih meningkat 7,8 persen SAAR.

Texas Leading Economic Index (ukuran perubahan arah masa depan dalam siklus bisnis) melonjak untuk bulan kedua berturut-turut, melampaui level pra-pandemi. Tren penurunan klaim pengangguran awal dan perbaikan indikator pasar tenaga kerja lainnya berkontribusi pada peningkatan substansial. Indeks Keyakinan Konsumen Texas membukukan pembacaan tertinggi sejak Februari 2020 karena harga minyak naik dan aktivitas bisnis secara keseluruhan meningkat.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published.