Model Ekonomi Texas – Apa pun yang dikatakan oleh para pendukungnya, Texas bukanlah model yang berguna untuk pertumbuhan ekonomi bagi negara-negara lain. Benar, jumlah orang dan pekerjaan di Texas telah berkembang, menyebabkan negara bagian lain bertanya-tanya apakah Texas memiliki pelajaran penting untuk kebijakan negara bagian yang dapat menghasilkan pertumbuhan serupa di tempat lain. Jawabannya adalah tidak.

Model Ekonomi Texas

thetexaseconomy.org – Texas memiliki karakteristik geografis dan demografis yang unik yang telah membantu mengangkat perekonomiannya dalam beberapa tahun terakhir. Lokasi perbatasannya mendorong perdagangan dan imigrasi dan membantu mendorong pertumbuhan populasi dan pekerjaan.

Kombinasi dari peraturan tanah dan pinjaman yang tersedia telah membuat harga perumahan relatif rendah dan membantu Texas menghindari depresi real estat yang menyeret banyak ekonomi negara bagian lainnya.

Meskipun ekonomi Texas telah terdiversifikasi dalam beberapa dekade terakhir, sumber daya minyak dan gas negara bagian yang melimpah tetap menjadi aset berharga – terutama ketika harga komoditas tersebut tinggi – yang tidak dimiliki sebagian besar negara bagian lain.

Bahkan jika mungkin bagi negara bagian lain untuk meniru fitur ini, fakta bahwa begitu banyak orang Texas telah gagal untuk mendapatkan keuntungan dari mereka – dengan kemiskinan, pekerjaan berupah rendah dan kurangnya asuransi kesehatan semua di atas rata-rata nasional – membuat Texas kurang dari -model yang diinginkan untuk diikuti.

Narasi pertumbuhan Texas sudah terkenal sekarang. Populasi Texas tumbuh sebesar 11 juta orang (79 persen) antara tahun 1980 dan 2011, lebih dari dua kali lipat tingkat pertumbuhan negara secara keseluruhan. Dengan pertumbuhan penduduk itu, muncul pula pertumbuhan lapangan kerja. Sejak 1990-an, tingkat pertumbuhan pekerjaan Texas telah menjadi poin persentase penuh atau lebih di atas rata-rata nasional hampir setiap tahun.

Baca Juga : Keragaman Ekonomi Mempercepat Pertumbuhan Ekonomi Texas

Dewan Pertukaran Legislatif Amerika, antara lain, telah menyarankan bahwa negara bagian lain harus mengadopsi kebijakan yang akan membuat mereka lebih seperti Texas untuk menumbuhkan ekonomi mereka. Salah satu contoh dari pengantar ALEC baru-baru ini Rich States, Poor States melaporkan: “[M]setiap gubernur melihat Texas, yang telah memimpin negara dalam pertumbuhan pekerjaan selama tiga tahun terakhir, sebagai negara bagian dengan kebijakan terbaik untuk ditiru. ” Secara khusus, ALEC mencatat kebijakan pajak negara bagian sebagai nilai tambah.

Tetapi jika para gubernur itu melihat lebih dekat, mereka tidak akan menemukan banyak hal yang dapat mereka tiru. Kenyataannya adalah bahwa sebagian besar pertumbuhan Texas bukan berasal dari kebijakannya, melainkan dari faktor-faktor yang tidak dapat dikendalikan oleh pejabat negara bagian. Misalnya, Texas telah diuntungkan dari tanah yang murah dan berlimpah, lokasi yang memungkinkan imigrasi dan perdagangan internasional, sumber daya alam yang melimpah seperti minyak dan gas, dan keuntungan lain yang tidak dapat diekspor.

Bahkan dengan semua keuntungan alami itu, gambaran ekonomi Texas tidak sepenuhnya cerah, dan mungkin tidak dapat mempertahankan keunggulan yang saat ini dipegangnya atas negara bagian lain lebih lama lagi. Di luar pertumbuhan populasi dan pekerjaan, Texas terus tertinggal di belakang negara-negara lain dalam ukuran penting keberhasilan ekonomi lainnya. Sekitar satu dari sepuluh pekerjaan upahan per jam di Texas membayar pada atau di bawah upah minimum ($7,25 per jam), lebih banyak daripada di negara bagian lain mana pun, dan Texas memiliki tingkat kemiskinan tertinggi ke- 11 di negara itu. Tingkat kemiskinan yang tinggi dan pekerjaan berupah rendah membuat ekonomi Texas menjadi model yang meragukan bagi negara tersebut.

Pertumbuhan Pekerjaan Texas Disebabkan oleh Faktor-Faktor Yang Tidak Dapat Direplikasi oleh Negara Bagian Lain

Penentang pajak progresif telah menegaskan bahwa fitur sistem pajak Texas – seperti tidak adanya pajak penghasilan – mendorong pertumbuhan ekonomi negara bagian. Tapi ini sangat tidak mungkin. Studi ekonometrik menemukan bahwa pengaruh pajak negara pada pertumbuhan ekonomi biasanya cukup kecil, dan seringkali bergantung pada mempertahankan pengeluaran untuk layanan publik konstan – yang jarang mungkin terjadi di dunia nyata, karena anggaran harus seimbang dan sebagai pengeluaran negara untuk pendidikan, infrastruktur , jalan raya, dan kesehatan masyarakat sama pentingnya dengan pajak dalam menentukan tingkat pertumbuhan ekonomi. [2]Seperti yang dibahas kemudian dalam makalah ini, Texas menghabiskan lebih sedikit di area tersebut daripada negara bagian lain, sebagian besar karena memiliki pendapatan pajak yang lebih sedikit untuk dibelanjakan. Jadi, keuntungan apa pun yang diperoleh Texas berdasarkan pajak yang lebih rendah kemungkinan besar telah dihapuskan oleh pengeluarannya yang lebih rendah untuk layanan.

Selain itu, ada penjelasan lain untuk pertumbuhan Texas yang lebih masuk akal daripada perpajakan. Makalah penelitian yang berfokus secara luas untuk menjelaskan ekonomi Texas [3] menunjukkan empat faktor yang telah mendorong pertumbuhan pekerjaan Texas sejak akhir 1980-an dan yang sedikit atau tidak ada hubungannya dengan pajak. Keempat faktor ini adalah tingginya tingkat imigrasi internasional dan pertumbuhan penduduk; harga minyak dan gas yang tinggi; biaya perumahan yang rendah dan kepadatan penduduk; dan lokasi utama Texas di sepanjang perbatasan Meksiko.

Pertumbuhan Penduduk dan Imigrasi

Pertumbuhan penduduk Texas yang cepat telah menjadi pendorong utama pertumbuhan ekonomi negara bagian selama beberapa dekade terakhir. Sementara beberapa pendorong mengklaim bahwa pertumbuhan populasi telah dihasilkan dari kebijakan publik yang memikat migran dari negara bagian lain, kenyataannya sebagian besar pertumbuhan negara bagian adalah hasil dari dua faktor khusus untuk Texas: tingkat “pertumbuhan alami” yang relatif tinggi di negara bagian itu. yaitu kelahiran dikurangi kematian; dan imigrasi internasional, sebagian besar dari negara tetangga Meksiko.

Secara khusus, Texas memiliki tingkat kelahiran tertinggi kedua di negara itu (setelah Utah),yang oleh para peneliti dikaitkan dengan berbagai faktor demografis, sosial-ekonomi, dan budaya.Texas juga merupakan pintu masuk utama bagi imigrasi dari Meksiko dan Amerika Tengah ke Amerika Serikat. Imigrasi internasional memberikan Texas basis pertumbuhan penduduk yang stabil. Antara tahun 2000 dan 2009, lebih dari setengah migrasi bersih ke Texas berasal dari Meksiko dan negara lain

Baru-baru ini, sekitar 72 persen pertumbuhan populasi bersih Texas tahun lalu dihasilkan dari migrasi internasional dan pertumbuhan alami, menurut Biro Sensus; 27 persen sisanya dihasilkan dari migrasi domestik neto.

Pertumbuhan penduduk ini pada gilirannya menyebabkan pertumbuhan lapangan kerja. Pertumbuhan penduduk telah memicu permintaan akan perumahan, barang, dan jasa seperti pendidikan. Peningkatan permintaan ini telah mendorong ekspansi bisnis, sekolah, dan sebagainya, menciptakan lapangan kerja baik di sektor swasta maupun publik.

Sifat pertumbuhan penduduk Texas juga menyediakan penyangga terhadap penurunan ekonomi. “Meskipun migrasi masuk domestik – orang yang pindah ke Texas dari negara bagian lain di Amerika Serikat – melambat selama masa ekonomi sulit Texas, tingkat kelahiran yang tinggi di negara bagian dan laju imigrasi yang kuat membuat populasi tumbuh pada kecepatan yang sehat,” Federal Reserve Bank dari Dallas dicatat dalam publikasi 2005. [8] Negara bagian lain yang tidak begitu dekat dengan Meksiko dan memiliki tingkat kelahiran yang lebih rendah tidak dapat dengan mudah meniru pertumbuhan penduduk Texas.

Biaya Hidup Rendah dan Harga Perumahan Rendah

Kontributor utama kedua untuk pertumbuhan Texas adalah bahwa biaya hidup jauh lebih rendah daripada rata-rata nasional. Perumahan, yang mewakili sekitar sepertiga dari pengeluaran rumah tangga biasa, sangat murah.

Texas memiliki wilayah tanah terbesar kedua di negara ini, sebagian besar cukup datar dan dengan demikian tersedia untuk pengembangan. Pasokan tanah membuat harga tetap rendah dan membuatnya jauh lebih murah untuk memulai bisnis atau membangun perumahan daripada di banyak bagian lain negara itu. Texas sejauh ini memiliki lahan paling terbuka di antara negara bagian terpadat di negara itu. Kepadatan penduduk Texas kurang dari setengah dari California, kurang dari seperempat dari New York atau Florida, dan sekitar sepertiga dari Pennsylvania, dan (sebagaimana dibahas lebih lanjut di bawah) baru-baru ini merayap di atas rata-rata nasional.

Pasokan tanah membantu menjelaskan perumahan murah. Antara tahun 1960 dan 2000, harga rumah rata-rata di Texas adalah 70 persen sampai 80 persen dari angka nasional. Selama pertengahan 2000-an ketika harga perumahan naik secara dramatis di sebagian besar negara lain, perbedaan ini melebar. Pada tahun 2005, harga rata-rata sebuah rumah di Texas berada di bawah 60 persen dari rata-rata nasional. Setelah gelembung harga perumahan AS meledak, harga nasional bergerak turun mendekati harga di Texas, dan harga rata-rata di Texas ($135.000) sekarang sekitar 75 persen dari angka nasional ($180.000).

Ada beberapa perdebatan tentang mengapa harga perumahan tidak melonjak di Texas bersama dengan seluruh negeri. Apakah itu karena Texas adalah negara bagian terakhir yang mengizinkan pemilik rumah meminjam rumah mereka melalui pinjaman ekuitas dan menempatkan kontrol ketat pada jumlah yang dapat mereka pinjam, atau apakah itu tanah yang berlimpah atau alasan lain, tidak ada keraguan bahwa Texas melakukannya. tidak menghadapi boom dan bust di perumahan yang mendahului resesi 2007-2009 di banyak negara bagian.

Selain menjaga harga perumahan tetap rendah, tidak adanya gelembung harga perumahan (dan ledakan berikutnya) menguntungkan ekonomi Texas dengan cara lain. Tingkat penyitaan hipotek melonjak di negara bagian lain tetapi jauh lebih rendah di Texas. Tingkat penyitaan Texas adalah satu dari setiap 1.044 hipotek pada Februari 2012, hanya 60 persen dari tingkat nasional dan kurang dari sepertiga tingkat di Nevada, California, Arizona dan Florida. [13] Akibatnya, karena penduduk negara bagian lain kehilangan rumah dan tabungan mereka, dengan efek merusak pada ekonomi lokal, Texas tidak menghadapi kejatuhan ekonomi yang sama.

Minyak dan gas

Untuk sebagian besar abad ke-20, kinerja ekonomi Texas sebagian besar didorong oleh perubahan harga minyak. Sejak pertengahan 1980-an, ekonomi negara bagian telah sangat terdiversifikasi. Tapi energi masih sangat penting. Texas tetap menjadi produsen dan penyuling minyak dan gas terbesar di negara itu. [14] Harga minyak yang lebih tinggi dan perluasan produksi gas yang cepat dari formasi serpih terus mendorong pertumbuhan ekonomi negara.

Yang pasti, ada pasang surut; tetapi secara umum, data yang dikumpulkan oleh Federal Reserve Bank of Dallas menunjukkan bahwa industri minyak dan gas telah menjadi pendorong utama pertumbuhan. Pada 1970-an dan 1980-an, ketika harga minyak naik dengan cepat, ekonomi Texas meledak. Pada tahun 1981, produksi minyak dan gas mewakili hampir 20 persen dari total output ekonomi Texas. Jatuhnya harga minyak tahun 1986 mengakibatkan resesi di seluruh negara bagian dan kehilangan pekerjaan yang signifikan. Sektor-sektor lain dari ekonomi Texas mengambil keuntungan dari kehancuran minyak dan ekonomi yang terdiversifikasi; pada akhir 1990-an, ekstraksi minyak dan gas hanya 4 persen dari output ekonomi di Texas. Dekade berikutnya membawa harga minyak yang lebih tinggi dan kebangkitan industri. Pada tahun 2008 produksi minyak dan gas telah pulih dan ekstraksi minyak dan gas saja menyumbang 11 persen dari ekonomi Texas.

Artinya, kenaikan harga minyak masih membuat perbedaan besar dalam perekonomian Texas. Sebuah studi tahun 2005 oleh Federal Reserve Board of Dallas menemukan bahwa “ekonomi Texas telah menjadi kurang sensitif terhadap fluktuasi harga minyak, tetapi masih merespon dengan baik terhadap harga energi yang lebih tinggi.” [16] Ketika harga minyak naik, itu meningkatkan nilai minyak dan gas yang keluar dari tanah di Texas. Ini juga menghasilkan keuntungan yang lebih tinggi bagi perusahaan minyak Texas, dan menciptakan insentif yang kuat bagi mereka untuk mempekerjakan lebih banyak pekerja dan membeli lebih banyak peralatan untuk menghasilkan lebih banyak minyak dan gas. The Fed Dallas melaporkan bahwa dari tahun 1997 hingga 2010, setiap kenaikan 10 persen harga minyak telah menghasilkan peningkatan 0,5 persen dalam PDB Texas dan peningkatan 0,36 persen dalam pekerjaan. Sektor energi juga sangat diuntungkan dari perkembangan baru-baru ini dari deposit minyak dan gas alam Barnett dan Eagle Ford.

Tentu saja, Texas bukan satu-satunya negara bagian yang diuntungkan dari harga energi yang tinggi dan sumber minyak dan gas yang baru tersedia. Harga minyak yang tinggi pada awal resesi 2007-09 membantu melindungi Texas dan negara bagian kaya mineral lainnya – seperti Montana, North Dakota dan New Mexico – dari kekuatan penuh kemerosotan ekonomi. Pengangguran tetap di bawah rata-rata nasional di negara bagian ini seperti di Texas, dan mereka menghadapi kekurangan anggaran yang relatif kecil atau tidak ada sama sekali pada tahun 2009.

Meksiko

Faktor utama keempat yang berkontribusi terhadap populasi negara bagian dan pertumbuhan pekerjaan adalah kedekatan Texas dengan Meksiko. Seperti disebutkan di atas, telah mengakibatkan imigrasi internasional menjadi salah satu pendorong utama pertumbuhan penduduk negara. Selain itu, kota-kota perbatasan Texas mendapatkan dorongan ekonomi dari pabrik-pabrik di Meksiko – yang dikenal sebagai maquiladoras – yang bekerja sama dengan rekan-rekan AS.

Inilah cara para peneliti Federal Reserve Bank of Dallas menggambarkan dampak ekonomi yang khas dari setiap maquiladora baru di kota terdekat AS:

” Untuk memilih dan mengembangkan lokasi, bantuan hukum, teknik, dan keuangan AS akan digunakan. Setelah didirikan, pabrik baru akan bergantung pada bisnis yang berbasis di AS untuk layanan bea cukai, perantara, pergudangan, dan transportasi. Pabrik juga akan membeli berbagai perlengkapan kantor, pengemasan, dan industri. Manajemen perusahaan, insinyur, dan spesialis kualitas akan ditarik ke perbatasan untuk mengunjungi pabrik ini, dan mereka akan menghabiskan uang untuk makanan dan penginapan. Karyawan Maquiladora menarik gaji mereka di Meksiko tetapi melakukan sebagian besar belanja mereka di Amerika Serikat, merangsang lapangan kerja di sektor ritel dan jasa lokal.”

Perdagangan Amerika Serikat dengan Meksiko tumbuh secara signifikan pada 1980-an, melambat selama awal 1990-an, dan kemudian meningkat lagi pada pertengahan 1990-an, setelah pengesahan Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA). Pada saat yang sama, jatuhnya peso membuat impor dari Meksiko lebih menguntungkan. Ketika pabrik-pabrik berkembang di Meksiko, ekonomi Texas mendapat dorongan besar. Peningkatan 10 persen dalam manufaktur ekspor Meksiko mengarah ke peningkatan 1 persen hingga 2 persen dalam pekerjaan di kota-kota perbatasan AS, Profesor Gordon Hanson dari Universitas Texas menemukan.

Bisnis ritel di Texas dekat perbatasan juga mendapat manfaat dari peningkatan pekerjaan dan aktivitas ekonomi yang dibawa NAFTA ke Meksiko. Karyawan Meksiko dari maquiladoras melintasi perbatasan untuk melakukan sebagian besar belanja rutin mereka di toko-toko di kota-kota perbatasan Texas. “Populasi yang besar dan berkembang di sisi perbatasan Meksiko mewakili basis konsumen yang penting untuk toko ritel di kota-kota perbatasan AS,” [20] Federal Reserve Bank of Dallas mencatat dalam sebuah studi tahun 2005. Pembeli Meksiko menyumbang $ 2 miliar dalam penjualan ritel di Texas pada tahun 2001, studi tersebut memperkirakan. Sementara itu mewakili bagian yang relatif kecil dari total penjualan ritel di negara bagian, ini memberikan dorongan besar bagi ekonomi kota-kota perbatasan, menyumbang 11 persen hingga lebih dari 50 persen dari penjualan ritel. Jumlah penjualan eceran kepada penduduk Meksiko dipengaruhi oleh nilai peso dan persaingan dengan toko-toko Meksiko. Industri ritel di Meksiko telah berkembang memberikan tekanan pada penjualan di kota-kota perbatasan Texas.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published.