Partai Republik Texas, Pemerintahan Biden Ingin Menumbuhkan Industri – Ketika perusahaan seperti Samsung dan Texas Instruments memperluas operasi mereka di negara bagian, Gubernur Greg Abbott dan para pemimpin negara bagian lainnya mendukung upaya federal untuk menumbuhkan industri ini.

Partai Republik Texas, Pemerintahan Biden Ingin Menumbuhkan Industri

thetexaseconomy – Pemerintahan Biden dan para petinggi negara bagian Republik tidak secara terbuka menyetujui banyak hal tentang apa yang terjadi di Texas. Tapi di pinggiran Austin, ada perkembangan yang mereka semua ingin gembar-gemborkan.

Raksasa teknologi Samsung mengumumkan rencana tahun lalu untuk membangun pabrik semikonduktor senilai $17 miliar di Taylor. Dan minggu lalu, raksasa teknologi Korea Selatan mengajukan dokumen dengan negara yang menyarankan untuk membangun 11 fasilitas pembuatan chip di daerah Austin selama dua dekade ke depan.

Pengumuman itu datang ketika Presiden Joe Biden dan Kongres ingin menumbuhkan industri semikonduktor domestik, dengan dukungan para pemimpin Texas yang melihat negara bagian mereka sebagai penerima manfaat utama. Semikonduktor adalah chip komputer yang membantu memberi daya pada teknologi modern, seperti ponsel dan mobil. Industri manufaktur terus berkembang. Selain rencana ekspansi Samsung, tahun lalu Texas Instruments yang berbasis di Dallas mengumumkan investasi $30 miliar untuk membangun pabrik baru di Sherman.

Baca Juga : Cara Menjalankan Bisnis di Texas 

Minggu ini, Kongres diperkirakan akan meloloskan RUU yang mengalokasikan $52 miliar dalam bentuk subsidi untuk produsen semikonduktor domestik, berharap untuk mencegah upaya dari China dan negara-negara lain yang semakin mencari keunggulan kompetitif dalam industri ini. Ini juga akan memberikan kredit pajak investasi 25% untuk investasi di bidang manufaktur semikonduktor.

Langkah itu membersihkan rintangan prosedural utama pada hari Selasa, ketika majelis memberikan suara 64-32 untuk membatasi perdebatan tentang RUU itu dan memajukannya menuju pemungutan suara terakhir. Setelah Senat memberikannya bagian terakhir, itu masih membutuhkan persetujuan DPR.

“Insentif federal dalam CHIPS Act of 2022 akan membantu Texas meningkatkan investasi kami di industri semikonduktor, dan ketentuan pajak akan menguntungkan perusahaan terkait semikonduktor yang sudah beroperasi di negara bagian, sambil menarik orang lain yang ingin berkembang dan tumbuh,” Gubernur Greg Abbott mengatakan dalam sebuah pernyataan pekan lalu.

Undang-undang tersebut adalah aliansi langka antara Demokrat dan Republik Texas terkemuka. Warga Texas yang mendukung rencana tersebut termasuk Ketua DPR Texas Dade Phelan , Senator AS John Cornyn , R-Texas, dan Perwakilan AS Michael McCaul , R-Austin. Cornyn adalah pendorong utama upaya untuk meloloskan undang-undang tersebut dan sebelumnya menulis rencana terpisah yang didanai undang-undang minggu ini. Kelompok bisnis seperti Kamar Dagang Austin juga mendukung undang-undang tersebut.

“Jika disahkan, undang-undang tersebut akan semakin meningkatkan keunggulan kompetitif kami dalam industri semikonduktor yang semakin penting, memacu investasi tambahan dalam kemampuan manufaktur kami dan memungkinkan Texas untuk menambahkan lebih banyak pekerjaan berpenghasilan tinggi dan sangat terampil ke tenaga kerja kami,” tulis Phelan dalam sebuah surat minggu lalu kepada McCaul, yang merupakan Republikan berpangkat tertinggi di Komite Urusan Luar Negeri DPR.

Ada satu pembangkang kunci, bagaimanapun, di antara petinggi Texas terpilih: Senator Ted Cruz , yang memilih menentang memajukan RUU pada hari Selasa. Kantornya tidak segera menanggapi permintaan komentar atas keputusan tersebut.

Texas telah memimpin negara itu dalam ekspor semikonduktor selama 11 tahun berturut-turut, dan telah menunjukkan komitmen untuk memperluas industri. Tahun lalu, Abbott membentuk gugus tugas dengan tujuan memikat Departemen Perdagangan AS untuk membangun Pusat Teknologi Semikonduktor Nasional di negara bagian tersebut. Ekspansi Samsung senilai $17 miliar juga merupakan penerima program insentif ekonomi, yang dikenal sebagai Bab 313, yang menawarkan keringanan pajak properti untuk pembangunan yang mendatangkan lapangan kerja baru. Program itu akan berhenti menerima pelamar baru pada akhir tahun, tetapi Samsung baru-baru ini mengindikasikan bahwa mereka akan mencarinya untuk perluasan yang diusulkan di masa depan.

Tetapi secara keseluruhan industri semikonduktor negara itu telah melemah selama beberapa dekade terakhir, membuat para politisi putus asa untuk mencegah China dan negara-negara lain mendominasi industri tersebut. Biden telah menggembar-gemborkan investasi Samsung di Taylor dan telah mendesak Kongres selama berbulan-bulan untuk menyediakan dana bagi industri tersebut.

“Gangguan Besar-besaran dalam Pasokan Semikonduktor Dapat Melakukan Kerusakan Bersejarah pada Ekonomi AS — Lebih banyak kerusakan daripada dampak kekurangan chip pada industri otomotif Amerika saat ini — dan akan melemahkan daya saing teknologi dan keunggulan militer kami atas musuh secara global,” a Pernyataan Gedung Putih mengatakan awal tahun ini.

Menteri Perdagangan AS Gina Raimondo mengatakan undang-undang itu penting untuk memastikan perusahaan semikonduktor tidak meninggalkan negara bagian seperti Texas.

“Kami tahu bahwa perusahaan-perusahaan yang berada di negara bagian Anda saat ini memiliki penawaran dari negara lain untuk berekspansi di sana. Dan kami tahu bahwa mereka akan menerima tawaran itu jika Kongres tidak meloloskan ini,” kata Raimondo kepada wartawan pekan lalu.

Tidak ada dukungan universal untuk investasi. Central Texas Interfaith, sebuah kelompok yang mewakili 50 jemaat agama, sekolah, serikat pekerja dan organisasi sipil, menentang keringanan pajak properti untuk Samsung, menyebut mereka “kesejahteraan perusahaan.”

“Perebutan memalukan hampir $5 miliar dalam pendanaan sekolah potensial ini terjadi pada saat distrik berjuang untuk mempertahankan guru dan staf dan ketika keluarga pekerja keras terluka namun tidak menerima keringanan pajak seperti itu,” kata kelompok itu dalam sebuah pernyataan.

Ada beberapa oposisi di Kongres juga. Dalam keselarasan politik langka lainnya, Senator progresif Bernie Sanders, I-Vermont, dan anggota parlemen konservatif serta lembaga think tank telah mencemooh RUU semikonduktor federal.

“Lima perusahaan semikonduktor terbesar yang kemungkinan akan menerima bagian terbesar dari pemberian wajib pajak ini, Intel, Texas Instruments, Micron Technology, Global Foundries, dan Samsung, menghasilkan keuntungan $70 miliar tahun lalu. Apakah kedengarannya perusahaan-perusahaan ini benar-benar membutuhkan kesejahteraan perusahaan?” Sanders mengatakan dalam sebuah pernyataan. “Mari kita membangun kembali industri microchip AS, tetapi mari kita lakukan dengan cara yang menguntungkan semua masyarakat kita, bukan hanya segelintir perusahaan kaya, menguntungkan, dan kuat.”

Pengungkapan: Kamar Dagang Austin, Samsung Semiconductor, dan Texas Instruments telah menjadi pendukung keuangan The Texas Tribune, sebuah organisasi berita non-profit dan nonpartisan yang didanai sebagian oleh sumbangan dari anggota, yayasan, dan sponsor perusahaan. Pendukung keuangan tidak berperan dalam jurnalisme Tribune. Temukan daftar lengkapnya di sini .

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published.