Pemulihan Ekonomi Texas Masih Solid Tapi Melambat

thetexaseconomy – Pemulihan ekonomi Texas masih di jalur yang solid, tetapi laju pertumbuhan telah melambat sejak Maret, kata ekonom dari Federal Reserve Bank of Dallas.Kekurangan tenaga kerja dan kesengsaraan rantai pasokan adalah dua faktor utama yang berkontribusi terhadap perlambatan pertumbuhan berdasarkan angka Mei ini, ekonom bisnis senior Laila Assanie dan analis riset Carlee Croker mengatakan dalam laporan Kamis.”Ekonomi Texas berada di jalan menuju pemulihan yang solid, meskipun laju pertumbuhan telah melambat karena masalah sisi penawaran, seperti kesulitan menemukan pekerja, dan kekurangan bahan dalam skala besar,” kata Assanie.

Pemulihan Ekonomi Texas Masih Solid Tapi Melambat – Laporan tersebut menemukan bahwa indikator lain, seperti klaim pengangguran dan pengeluaran konsumen bersama dengan kasus COVID-19 harian, masih menunjukkan peningkatan yang berkelanjutan.Federal Reserve Bank of Dallas merilis angka pekerjaan Mei Jumat lalu, dengan Texas menambahkan 26.100 pekerjaan di bulan Mei dan menurunkan tingkat pengangguran dari 6,7% menjadi 6,5%.Namun, menurut laporan Kamis ini, permintaan tenaga kerja yang meningkat melebihi pasokan, dengan setengah dari perusahaan Texas mencoba untuk mengisi posisi terbuka.

Pemulihan Ekonomi Texas Masih Solid Tapi Melambat

Pemulihan Ekonomi Texas Masih Solid Tapi Melambat

Mayoritas dari perusahaan-perusahaan itu merasa pencariannya sulit, terutama untuk “posisi berketerampilan rendah,” kata laporan itu berdasarkan data May Texas Business Outlook Surveys.Setelah angka Mei dirilis, perkiraan pekerjaan Federal Reserve Bank turun menjadi 4,1%, menunjukkan bahwa semua pekerjaan yang hilang sejak awal pandemi COVID-19 tidak mungkin pulih pada akhir 2021.Tunjangan pengangguran federal juga akan berakhir untuk warga Texas setelah 26 Juni, setelah negara bagian itu memilih keluar dari bantuan pengangguran federal COVID-19.Laporan tersebut memperkirakan penarikan dana berjumlah $2,9 miliar per bulan tetapi juga mengatakan dampaknya masih belum jelas, dengan kekurangan tenaga kerja membaik tetapi pengeluaran secara keseluruhan cenderung menurun.

Kekurangan Tenaga Kerja, Kesengsaraan Rantai Pasokan Pemulihan Texas Lambat
Ekonomi Texas berada di jalur menuju pemulihan yang solid, meskipun laju pertumbuhan telah mereda sejak Maret, menurut data terbaru. Indikator frekuensi tinggi, seperti klaim pengangguran awal, pengeluaran konsumen, makan di luar, dan kasus COVID-19 harian, menunjukkan perbaikan berkelanjutan. Data Texas Business Outlook Surveys (TBOS) untuk bulan Mei menunjukkan ekspansi yang melambat namun tetap solid di bidang manufaktur dan pertumbuhan kuat yang berkelanjutan dalam layanan.

Komplikasi sisi penawaran, seperti kesulitan mencari pekerja, kekurangan bahan dalam skala besar, waktu tunggu yang lama dan masalah transportasi, menghambat pertumbuhan. Aktivitas di sektor real estat perumahan Texas sangat panas. Penjualan rumah tetap tinggi, dan harga rumah terus meningkat dengan cepat. Sewa dan permintaan apartemen juga tumbuh pesat menyusul beberapa pelemahan di tahun 2020.

– Pertumbuhan Lapangan Kerja Sedang
Pekerjaan Texas telah berkembang pada 4,0 persen tahun yang kuat hingga saat ini hingga Mei meskipun pertumbuhan melambat pada bulan April dan Mei (Grafik 1). Aktivitas terbaru, yang diamati pada bulan Mei, mencerminkan pertumbuhan yang lamban dalam pekerjaan sektor barang yang konsisten dengan gangguan rantai pasokan yang meluas dan kekurangan tenaga kerja. Sejauh tahun ini, pertumbuhan lapangan kerja di antara metro utama Texas juga sehat, dipimpin oleh Austin pada 6,1 persen tahunan.

Tingkat pengangguran Texas turun menjadi 6,5 persen di bulan Mei. Pengangguran di kalangan minoritas dan mereka yang tidak memiliki gelar sarjana telah meningkat dalam beberapa bulan terakhir, karena rekreasi dan perhotelan dan lainnya di sektor jasa dibuka kembali sepenuhnya; namun, tingkat pengangguran tetap sangat tinggi.Tingkat pengangguran rata-rata bergerak tiga bulan untuk non-Hispanik Hitam Texas adalah 10,1 persen pada Mei dan 7,8 persen untuk Hispanik. Tingkat pengangguran untuk orang Texas tanpa ijazah sekolah menengah adalah 10,0 persen, dibandingkan dengan 7,1 persen untuk lulusan sekolah menengah/GED. Tingkat pengangguran jangka panjang mereka yang menganggur lebih dari 26 minggu juga merangkak naik.

– Permintaan Tenaga Kerja Melampaui Penawaran
Permintaan tenaga kerja tampaknya meningkat pada saat pasokan terbatas, menurut TBOS Mei. Sekitar setengah dari perusahaan Texas mencoba untuk mengisi posisi terbuka, dengan mayoritas dari mereka yang mencari pekerja merasa sulit mencari, terutama untuk posisi berketerampilan rendah. Hampir semua responden (98 persen) yang ingin mengisi pekerjaan berketerampilan rendah menyatakan kesulitan dalam pekerjaan mereka. pencarian, naik dari 81 persen pada awal 2019.

Untuk meningkatkan perekrutan, lebih dari 70 persen responden TBOS yang mencari pekerja baru mengatakan bahwa mereka menaikkan upah di seluruh tingkat keterampilan. Upah meningkat pada tingkat di atas rata-rata di Distrik Kesebelas Fed Dallas serta distrik Richmond, New York dan Philadelphia. Conference Board/Burning Glass Help Wanted OnLine Index untuk Texas, ukuran posting pekerjaan online di negara bagian, naik pada Mei, tetap mendekati tertinggi multi-tahun dan di atas level Februari 2020.

– Tunjangan Pengangguran yang Diperluas Akan Diakhiri
Sekitar 960.000 orang Texas menerima tunjangan pengangguran federal pada 29 Mei. Ini termasuk wiraswasta dan pekerja pertunjukan. 210.000 penerima tambahan menerima pembayaran bantuan pandemi tambahan federal sebesar $300 per minggu di samping tunjangan reguler yang dikelola negara bagian.Dengan Texas memilih keluar dari bantuan pengangguran COVID-19 federal setelah 26 Juni, penarikan dana ini menyebabkan hilangnya pendapatan di seluruh negara bagian sebesar $2,9 miliar per bulan. Mereka yang kehilangan semua tunjangan akan, rata-rata, membutuhkan pekerjaan yang membayar sekitar $17,33 per jam untuk menggantikan tunjangan, tidak termasuk biaya transportasi dan penitipan anak yang terkait dengan kembali bekerja.

Dampak dari tindakan tersebut pada pasar tenaga kerja Texas tidak jelas. Meskipun dapat mengurangi kekurangan tenaga kerja, hilangnya bantuan juga dapat membatasi pengeluaran secara keseluruhan. Pengeluaran konsumen, kira-kira 13 persen di atas tingkat prapandemi pada akhir Mei, telah terpengaruh kurang dari yang diharapkan selama wabah COVID-19 karena pembayaran stimulus federal dan perluasan tunjangan pengangguran.

Baca Juga : Pengelompokan Pada Target Industri Yang Ada Di Texas

– Tekanan Harga Naik Mengintensifkan; Campuran Pass-Through
Tekanan harga telah meningkat, terutama di sektor-sektor di mana kekurangan tenaga kerja dan material paling akut. Pass-through ke pelanggan, bagaimanapun, beragam, dengan produsen melaporkan kekuatan harga yang lebih besar daripada perusahaan jasa karena permintaan yang sangat kuat dan penerimaan yang lebih luas dari kenaikan harga. Pada bulan Mei, hanya 15,2 persen dari perusahaan manufaktur yang menanggapi TBOS tidak dapat meneruskan kenaikan biaya kepada pelanggan, dibandingkan dengan 43,9 persen perusahaan jasa. Di antara perusahaan yang mampu menanggung biaya yang lebih tinggi, 54 persen mengatakan mereka menaikkan harga tahun ini, 11 persen akan melakukannya tahun depan, dan 23 persen mengatakan mereka akan melakukan kenaikan baik tahun ini dan 2022.

– Lonjakan Permintaan Perumahan Multikeluarga
Permintaan apartemen mendapatkan momentum pada bulan April dan Mei, mendorong tingkat hunian dan harga sewa di seluruh metro utama Texas. Pertumbuhan sewa tahun-ke-tahun di bulan Mei adalah 7,1 persen di Austin, 7,0 persen di Dallas-Fort Worth, 5,8 persen di San Antonio dan 4,2 persen di Houston, menurut ApartmentData.com.Tingkat hunian juga tetap meningkat sebagian karena moratorium penggusuran terkait COVID-19. Dengan musim sewa utama yang meningkat, momentum kenaikan harga sewa yang berkelanjutan diharapkan. Sebagian besar penyewa yang tinggal di apartemen dengan harga pasar yang dikelola secara profesional terus melakukan pembayaran tepat waktu 96 persen penyewa Texas pada bulan Mei telah membayar sewa penuh atau sebagian untuk bulan tersebut, pada setara dengan bagian yang membayar sewa pada Mei 2020. Aktivitas investasi real estat juga meningkat, terutama untuk properti multi-keluarga dan industri.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published.